10 Tips Ambil Foto dengan Kamera Smartphone, Hasilnya Bak Fotografer 

Sering kali orang mengabaikan tata cara mengambil sebuah gambar terutama dengan smartphone. Padahal jika dilakukan dengan sedikit pemahaman yang mendasar tentu hasilnya maksimal.

Nah, untuk bagi kamu yang menyukai fotografi namun hanya bermodalkan smartphone saja tetap bisa menghasilkan foto bak fotografer profesional. Bagimana caranya? Simak deretan tips simpel mengambil foto dengan kamera smartphone berikut ini.

1. Kunci eksposur dan fokus

Pada saat ingin mengabadikan momen usahakan mengunci eksposur dan fokus. Hal itu agar kontras warna pada gambar seimbang. Cara melakukannya kamu cukup tekan tombol tap dan shutter sebelum melakukan pengambilan gambar setelah muncul tanda kotak berkedip maka barulah lakukan pengambilan gambar.

2. Perhatikan pencahayaan

Hal satu ini sangat penting diperhatikan. Sebab pengambilan gambar pada minim cahaya akan mengurangi kualitas dari hasil gambar.

Kamu dapat menggunakan beberapa mode pencahayaan yang ada smartphone kamu atau dapat melakukan pengambilan gambar di tempat cahaya yang memadai.

3. Jangan gunakan zoom

Seperti diketahui tidak semua smartphone memiliki kualitas gambar yang bagus jika kamera di-zoom. Sering kali jika di-zoom gambar yang dihasilkan berbintik-bintik atau bisa kurang jelas. Jika objek yang ditangkap berjarak jauh, kamu cukup melangkah mendekati objek yang ingin ditangkap agar gambar yang diperoleh lebih natural.

4. Pertahankan warna sesuai aslinya

Agar hasil jepretan kamu terlihat keren maka coba selalu pertahanan warna asli dari objek. Hal itu bukan tanpa alasan sebab mempertahankan warna sesuai aslinya akan membuat foto kamu natural.

5. Ambil gambar dari berbagai sudut

Kamu tentu pernah melihat beberapa foto di Instagram dengan sudut pengambilan gambar yang unik-unik bukan? Yap, mengambil gambar dengan beberapa sudut pemotretan akan membuat foto yang dihasilkan terkesan lebih kreatif. Hal itu karena dengan melakukan pengambilan gambar beberapa kali ke satu objek dengan sudut yang berbeda maka nantinya kamu akan dapat melihat di posisi mana gambar yang kamu hasilkan itu benar-benar oke.

6. Posisi yang kreatif

Berbeda dengan pengambilan dari berbagai sudut. Di poin ini tertuju pada subjek yang berada di posisi tengah. Terrnyata tidak selalu posisi gambar di tengah dapat memberikan hasil yang baik lho. Untuk itu kamu dapat melakukan framing untuk menempatkan posisi subjek kamu pada posisi yang benar-benar kamu inginkan.

7. Latih tangan memegang smartphone agar stabil

Setidaknya usahakan terus untuk melakukan latihan memegang smartphone saat ingin melakukan pengambilan gambar. Dengan terbiasa memegang smartphone dengan stabil, hasil gambar yang ditangkap akan menjadi lebih bagus lagi.

8. Pelajari komposisi gambar, kecocokan objek dan background

Mengambil gambar tanpa memperhatikan kecocokan gambar dan background adalah salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan. Untuk mensiasati ini, sebelum melakukan pengambilan gambar perhatikan cocok atau sesuai gak objek dengan background-nya.

9. Gunakan mode HDR di situasi kontras cahaya

Kamu harus lebih memahami fungsi dari fitur HDR yang tersedia di smartphone. Pada umumnya HDR digunakan untuk memotret dalam kondisi dengan kontras cahaya yang tinggi. Contohnya mengambil gambar di siang terik namun objeknya berada di bawah pepohonan yang minim cahaya.

10. Cari inspirasi seorang fotografer

Hal satu ini cara yang efektif membuat kamu lebih mantap lagi untuk menghasilkan gambar yang bagus ke depannya bahkan sekalipun hanya dengan kamera smartphone.

Cukup dengan mengikuti media sosial beberapa fotografer kamu sudah bisa mendapatkan sumber inspirasi. Dengan hal itu maka kamu tentu dapat melakukan ATM (amati, tiru, modifikasi).

Share: